Teams warta bengkel cargo lift Info

Search This Blog

Cara Cepat dan Trik Khusus Mengolah Babat Agar Bersih dan Bebas Bau Ala Chif Resto Bintang Lima


Cara Cepat dan Trik Khusus Mengolah Babat Agar Bersih dan Bebas Bau Ala Chef Resto Bintang Lima

News Bengkel Cargo Lift dotinfo - Pada Hari Jum'at depan (31/07/2020) mendatang umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Di hari tersebut bagi insan muslim yang mampu, akan melakukan ibadah Qurban dengan menyembelih hewan sapi atau kambing. Daging dari hewan qurban tersebut akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan dan sebagian kecil akan diberikan kepada mereka yang ber-qurban. 

Dari semua bagian hewan qurban tersebut, banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk mengolah bagian jeroan. Padahal banyak orang yang menyukai bagian pencernaan dari hewan ternak ini. Salah satu bagian "Jeroan" yang paling banyak diminati adalah daging 'Babat'. Daging Babat ini adalah bagian pencernaan hewan ternak yang ada di bagian lambung hewan. 

Jenis daging babat sendiri menurut para Chef Restoran dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : 

Babat Rumen

Babat Rumen adalah jenis babat pada lapis luar, biasanya disebut babat handuk. Babat ini memiliki tekstur lembut dan halus dan seperti handuk. 

Babat Retikulum

Babat Retikulum merupakan perut sapi pada lapis kedua Babat ini memiliki motif mirip seperti sarang tawon. Babat ini mempunyai tekstur yang lebih keras dibanding lainnya. Kulitnya liat dan butuh waktu lama untuk proses pematangannya. 

Babat Omasum

Babat Omasum adalah jenis babat yang berasal dari bilik ketiga pada sistem pencernaan sapi. Babat ini memiliki bentuk berlembar-lembar mirip lembaran buku. Ada juga yang menyebutnya sebagai babat jarit. Diantara jenis babat lainnya, babat ini mempunyai cita rasa paling gurih. 

Meskipun rasa daging babat ini sangat gurih dan lezat, namun tidak banyak orang yang tidak mau untuk mengolahnya. Hal ini karena mereka merasa susah untuk mengolahnya, terutama untuk membersihkannya dan menghilangkan bau dagingnya. 

Sebenarnya, terdapat beberapa cara cepat dan trik khusus untuk mengolah babat ini agar dagingnya menjadi bersih dan bebas dari bau yang menyengat. Cara ini juga sering dilakukan oleh Chef bintang lima guna mengolah masakan bagi para pelanggannya. 

Cara untuk membersihakan daging babat dari warnanya yang cenderung kehitaman adalah dengan merebusnya selama 30 menit didalam air kapur. Setelah itu, daging babat bisa diangkat dan langsung dikerok dengan menggunakan dendok makan atau bagian pisau yang tumpul hingga bersih.

Setelah daging babat bersih, rebus kembali dengan air bersih yang diberikan air jeruk nipis dan daun dalam. Rebus hingga satu jam agar daging babat benar-benar empuk dan bebas dari bau. Proses perebusan ini bisa diulang lagi selama dua atau tiga kali. Setelah itu daging babat bisa langsung diolah menjadi aneka masakan yang menggugah selera. (yyan)   

Advertise here, contact us 088210361307

iklan

Popular

Adsense