Teams warta bengkel cargo lift Info



Alhamdulillah, Saat Ini Kota Surabaya Sudah Berubah Menjadi Zona Orange

Alhamdulillah, Saat Ini Kota Surabaya Sudah Berubah Menjadi Zona Orange

News Bengkel Cargo Lift- Sejak pemerintah memperkenalkan peta COVID-19 yang beraneka ragam warna, Kota Surabaya sejak hari pertama sudah masuk ke dalam Zona Merah. Bahkan pada peta milik Provinsi jawa Timur, Kota Surabaya juga pernah masuk kedalam zona Merah Tua. Hal ini dikarenakan tingkat penyebaran dan penularan dari Virus COVID-19 di Kota Pehlawan ini cukup tinggi.
 
Mengetahui daerahnya masuk kedalam Zona Merah, Pemerintah Kota Surabaya terus berdaya upaya keras agar wilayahnya bisa segera membaik. Beragam cara dilakukan secara cepat dan efektif. Seperti melakukan rapid test secara massal dan sosialisasi pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ada. Bahkan Wali Kota Risma juga turun langsung ke masyarakat belakangan ini untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk mencegar penularan Virus COVID-19.

Rupanya kerja keras dari pemkot Surabaya, para Relawan dan semua masyarakat sudah mulai membuahkan hasil yang menggembirakan. Hal ini diketahui dari situs https://covid19.go.id/peta-risiko milik pemerintah pusat. Kondisi Kota Surabaya sudah tercatat masuk kedalam Zona Orange. Kondisi  ini sudah terpantau sejak tanggal 10 Agustus pagi. Namun ketika admin Kabar Surabaya melakukan cek ke laman http://infocovid19.jatimprov.go.id/ kondisi Kota Surabaya masih dalam Zona Merah. 
Ketika malam hari kemarin dilakukan pengecekan ulang, ternyata laman milik Pemerintah Provinsi Jatim sudah mengubah warna zona dari Kota Surabaya menjadi Zona Orange juga. Zona Orange ini mengindikasikan kalau di Kota Surabaya kasus penyebaran Virus Covid-19 masih dalam tahap kategori sedang.
 
Menanggapi perubahan warna Kota Surabaya menjadi Zona Orange ini Wiku Adisasmito, selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 pusat mengungkapkan, hal tersebut dinilai dari 15 indikator penilaian, mencakup indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Meski kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya masih terus meningkat, Wiku memaparkan bahwa penilaian epidemiologi dan surveilans kesehatan masyarakat, serta pelayanan kesehatannya justru terus membaik. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan zonasi di wilayah Surabaya.

Dari peta http://infocovid19.jatimprov.go.id/, diketahui untuk daerah yang masih masuk dalam Zona Merah adalah Kabupaten Sidoarjo, Kota Malang, Gresik, Jember, Kabupaten Blitar dan Bondowoso.

Sedangkan kawasan yang masuk ke dalam zona oranye adalah Kota Surabaya, Kabupaten Madiun, Pamekasan, Kota Probolinggo, Jombang, Kota Batu, Lamongan, Kabupaten Kediri, Nganjuk, Lumajang, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Ponorogo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang Tuban, Kota Kediri, , Tulungagung, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Kabupaten Malang Situbondo dan Kota Pasuruan.
 
Untuk zona kuning terdapat 5 kabupaten/kota. Yakni di Pacitan, Sampang, Magetan Kota Madiun, dan Ngawi. (yyan)